TATA LETAK , PENEMPATAN GAMBAR DAN PERPADUAN WARNA ITU PENTING DI BROSUR
Tata letak teks adalah suatu gaya pemformatan dalam
penulisan. Tata letak digunakan pada penulisan data huruf. Selain itu tata
letak membuat tulisan lebih menarik dan rapi. gambar dalam brosur
adalah komponen yang sangat penting untuk
menunjukkan suatu maksud tertentu dan warna dalam brosur menjadi factor
penting untuk bagus tidaknya brosur tersebut maka dari itu pemilihan warna
dalam brosur sangat penting.
Dan ini adalah Tips
Memperjelas sebuah gambar untuk Brosur Menarik :
1.Sisipkan
Foto/Gambar Seseorang Berpenampilan Menarik
Bila
Anda cukup cermat, sebagian besar brosur yang dicetak umumnya menampilkan sosok
pria atau wanita yang enak dipandang. Misalnya brosur biro perjalanan yang
memperlihatkan resepsionis cantik di front office. Ada pula yang menggunakan
potret selebriti hingga atlet kenamaan. Anda bisa menerapkan langkah ini selama
tokoh-tokoh tersebut sesuai dengan bisnis atau produk yang hendak dijual.
2.Pakai Teks
Yang Memiliki Unsur Kejutan dan Fantastis untuk Memperjelas Tata letak Teks
Judul
utama yang bombastis memang akan dengan cepat memikat perhatian pembaca. Di
sisi lain, tajuk yang berlebihan dan tidak berkaitan dengan konten brosur
mustahil menarik atensi, sebab para pembaca sudah merasa ditipu. Maka,
rancanglah konsep sedemikian rupa untuk brosur; sesuaikan emosi pada judul
dengan pesan yang ingin Anda sampaikan agar pembaca cepat percaya.
3.Sesuaikan Warna Dengan Konten Yang Dipromosikan
Pemilihan
warna secara tidak langsung akan mempengaruhi suasana dari konten yang
dipromosikan pada brosur. Misalnya warna hitam yang dapat menimbulkan kesan
elegan atau muram. Atau merah yang menciptakan kesan berani. Kalau sampai salah
memilih, pembaca tidak akan menangkap pesan atau informasi yang Anda cantumkan
dalam brosur tersebut.
4.Cantumkan Promo Menarik di Brosur Tersebut
Tips
selanjutnya yang bisa Anda sematkan sebelum proses cetak brosur adalah promo
menarik seperti potongan harga atau paket spesial. Anda bisa menyimak contohnya
pada brosur supermarket maupun kosmetik yang sering kali menawarkan diskon
untuk transaksi pada jumlah tertentu. Angka-angkanya akan dicetak dalam ukuran
besar dengan warna menyala untuk mencuri atensi pembaca.
5.Memasukan
Tanda atau Sign Tertentu Pada Judul Utama
Selain
promo menggugah, tanda atau sign tertentu pada brosur juga akan membantu calon
konsumen mengenal produk atau identitas perusahaan. Beberapa tanda yang bisa
Anda gunakan antara lain oval, kotak, lingkaran, tanda panah, hingga bintang.
Tentunya, pemakaian tanda-tanda tersebut harus sesuai dengan konten di dalam
brosur. Jangan jadikan sebagai ornamen semata.
6.Buat Subjudul Untuk Memperjelas Tajuk Utama Brosur
Subjudul
biasanya terdiri dari kalimat-kalimat pendek dengan ilustrasi singkat agar
pembaca yang sudah tertarik dengan judul utama mau mempelajari informasi
selanjutnya. Supaya lebih efektif, pastikan tajuk yang Anda gunakan tidak
terlalu panjang, sehingga pada subjudul Anda bisa mempertegas informasi dan
menggambarkan kelebihan dari produk maupun perusahaan yang dipromosikan dalam
brosur.
7.Ciptakan Layout Brosur Sesuai Dengan Keunggulan
Konten
Pemilihan
warna dan ilustrasi tidak akan menunjang informasi kalau layout-nya terlalu
biasa atau malah tidak sesuai dengan produk maupun perusahaan. Tata letak yang
baik sekaligus menarik akan membuat pembaca lebih nyaman saat menelisik
keunggulan dari konten yang Anda promosikan. Tampilan brosur Anda pun akan semakin
memukau dan tidak pasaran di kalangan konsumen.
8.Sediakan
Space atau Ruang Kosong Sebagai Jarak / Jeda
Hal
penting terakhir yang kadang nyaris dilupakan dalam brosur adalah keberadaan
ruang kosong atau space. Pembaca akan cepat kelelahan kalau konten brosur
terlalu berdesakan. Space juga menjadi salah satu tanda kualitas desain dari
brosur tersebut. Di sisi lain, ruang kosong yang terlalu banyak atau besar akan
membuat brosur ‘hampa’ dan sia-sia, karena space tadi bisa diisi dengan
informasi bermanfaat.