MEDIA DIGITAL UNTUK PROMOSI BAGI PEMULA
Perkembangan teknologi dan informasi saat ini tumbuh sangatlah
pesat. Teknologi informasi yang sangat popular di lingkungan masyarakat saat
ini adalah media sosial. Di zaman sekarang media sosial seolah-olah menjadi
kebutuhan pokok bagi semua orang. Jejaring sosial yang digunakan oleh
masyarakat banyak antara lain facebook, instagram, twitter, whatsapp, telegram
dan lain-lain. Sehingga tidak jarang para pelaku bisnis yang memanfaatkan media
sosial untuk promosi.
Namun dalam kenyataannya, masih banyak yang belum memahami
tentang cara maupun strategi promosi melalui situs jejaring sosial
Nah,
di dalam tulisan ini saya akan membahas 6 cara strategi promosi melalui sosial
media yang tepat dan jitu.
1.
Pahami Jenis Sosial Media yang Tepat
Studi yang dilakukan oleh Simon Kemp dari We Are Social
(2016) menghasilkan urutan media sosial
paling aktif di Indonesia sebagai berikut:
Facebook
Google+
Twitter
Instagram
Pinterest
2. Re-posting Konten Anda
3. Aktifkan Sharing Buttons pada
Blog Anda
4. Bagikan Potongan Kecil Tulisan Tanpa Tautan
5. Gunakan Hashtags
6. Selalu sebarkan Konten di Sosial Media
dan berikut beberapa cara ampuh yang
bisa dilakukan untuk melakukan promosi menggunakan media sosial.
1.Menyelenggarakan kuis
yang merupakan cara yang paling ampuh untuk mempromosikan sesuatu ke media
sosial. Ini dikarenakan karena impersi yang tinggi dari segmen pasar. Sebuah
kontes akan memberikan hadiah dan orang orang mempunyai kecenderungan menyukai
hadiah. Keterlibatan konsumen atau calon konsumen amatlah tinggi karena mereka
akan tertarik pada hadiah yang dibagikan. Perlu diingat bahwa persyaratan atau
ketentuan kontes jangan terlalu rumit yang akan membuat konsumen enggan untuk
mengikuti. Selain itu berikan hadiah yang menyangkut produk yang diperjual
belikan supaya konsumen lebih tahu mendalam mengenai produk tersebut juga
menumbuhkan kecintaan tersendiri bagi mereka.
2.Berbagi Pengetahuan selain melakukan kontes merupakan cara yang kreatif untuk mempromosikan sesuatu
menggunakan media sosial. Berbagi informasi yang berkaitan dengan produk akan
sangat membantu meningkatkan ketertarikan akan produk yang sedang
diperkenalkan. Misalnya ketika ingin mempromosikan produk makanan maka
informasikan mengenai nilai gizi dan kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan
dan lain sebagainya. Dengan begitu maka konsumen akan tertarik untuk mencoba
produk karena ingin mendapatkan keuntungan bagi kesehatannya. Sesekali bisa
juga berbagi tips untuk pembaca sehingga kegiatan promosi menjadi benar benar
bermanfaat untuk semua orang.
3.Lakukan kegiatan beriklan yang sudah disediakan oleh media
sosial. Misalnya menggunakan media sosial
facebook maka akan tersedia fasilitas beriklan seperti sponsored stories, CPC,
Page post ads Facebook, page like Ads, dan lain sebagainya. Selain bisa
menggunakan fasilitas beriklan maka bisa juga dengan melakukan
sponsorship pada akun media sosial yang memiliki banyak pengikut. Dalam
istilah sekatang maka disebut sebagai endorsement. Karena advertisement
memerlukan biaya dan pembiayaan sedang tidak bisa dilakukan, koperasi
pinjaman akan memberikan solusi berupa dana untuk dijadikan modal
promosi
4.Jangkaulah komunitas karena media sosial merupakan tempat berkumpul banyak orang bahkan tak jarang
mereka mempunyai kesamaan minat untuk membentuk grup dan komunitas. Hadirnya
komunitas akan menjadi sebuah sasaran empuk bagi pelaku bisnis dimana mereka
bisa melakukan promosi dengan baik. Hadirnya komunitas klub bisa jadoi tempat
yang paling maksimal dalam menggarap semua pembaca konten dan iklan bisa
digapai dengan satu kali pengiklanan. Beragam media sosial mempunyai komunitas
dengan minat tertentu maka pilihlah yang sesuai dengan produk dan jasa yang
bisa diminati oleh mereka.
5.Pergunakan status dan tweet
dimana merupakan cara promosi yang paling sederhana. Caranya yaitu membuat
promo menggunakan status yang diinginkan. Promo menggunakan status atau tweet dianggap
tidak berkelas padahal jangkauannya bisa luas jika dikemas dengan kreatif dan
menyenangkan. Penggunaan status untuk promo pun perlu dijadwalkan dan diatur
sedemikian rupa sehingga orang orang tidak merasa terganggu dengan status atau
tweet tersebut. Dalam satu hari perlu diperhitungkan berapa tweet dan seberapa
kali status bisa dibuat dengan cara tertentu dan pembagian waktu yang berbeda
beda. Semuanya bisa diperhatikan terutama jenis konten.