COPYWRITING & KOMUNIKASI ITU PENTING DI SOSIAL MEDIA
Copywriting dalam bahasa yang mudah
dipahami bisa diartikan sebagai seni untuk menulis iklan. Copywriting ini
sangat penting di dunia bisnis, baik bisnis offline maupun bisnis online. Copywriting
adalah sebuah tindakan menulis yang tujuannya untuk mengiklankan atau
memasarkan sebuah produk, bisnis, seseorang, opini atau ide. Sang pembaca
tulisan diharapkan akan terbujuk untuk membeli produk yang diiklankan, atau
menyetujui sudut pandang dari isi tulisan yang telah dibagikan.”
copywriting adalah seni menyusun
kata-kata yang membangun emosi dan membentuk imajinasi, serta punya daya
pengaruh yang begitu kuat. Obyek copywriting tentu saja mengolah kata dan
menggunakan strategi kreatif periklanan yang benar-benar mempertimbangkan
keadaan pasar, konsumen, kondisi serta persaingan.
Copywriting yang bagus bisa
mendongkrak penjualan hingga berkali-kali lipat. Sebaliknya, Copywriting yang
jelek dan dibikin asal-asalan, bisa membuat penjualan anjlok dan turun drastis.
Begitu pentingnya copywriting, para
pebisnis rela mengeluarkan budget besar hingga jutaan rupiah hanya untuk jasa
copywriting iklan. Mengapa demikian? Karena mereka tahu bahwa copywriting
sangat penting bagi pertumbuhan bisnisnya
Pekerjaan
copywriting ini semacam menggabungkan antara sastrawi dan intelektual, artinya
bagaimana sih caranya kita membuat naskah iklan yang berstrategi. Karena
kata-kata tentu penting sekali dalam periklanan .
Copywriting sangat erat
dengan Komunikasi
Dalam
dunia advertising, pengaplikasian copywriting tidak melulu dalam iklan di media
cetak seperti billboard, brosur, katalog dalam hal ini copywriting menjadi
komponen dalam komunikasi di sosial media . Media-media lain juga
menggunakannya seperti: Naskah di TV sebelum berubah menjadi iklan, lirik untuk
jingle di radio, dan tentu saja di internet dan media sosial.
Ya,
dalam media sosial, copywriting termasuk sebuah skill yang harus dikuasai.
Pastinya karena sebagian besar interaksi brand dengan calon pembeli akan
terjadi dalam bentuk tulisan. Seorangcopywriter memulai pekerjaannya dari
menulis deskripsi produk sampai mempromosikan ke media sosial itu sendiri.
Persiapan
sebelum mulai menulis, seorang copywriter mempelajari product knowledge dari
suatu brand dengan tujuan memahami kepada siapa tulisannya ditujukan. Tentu
saja copywriter tidak akan bisa memuaskan semua orang, maka dari itu penting
sekali mengenali target pasar, baca apa yang mereka baca, lakukan riset pasar
kecil-kecilan dan memahami sebaik-baiknya target pasar sebelum menuliskan satu
katapun
Sehingga
bisa diduplikasi dan hasilnya bisa sama atau cenderung mendekati sama. Dan bila
Anda mengaplikasikan copywriting di sosial media, peluang untuk mendominasi
sosial media apapun terbuka sangat lebar.
Rumus copywriting MGS
MGS
merupakan kependekan dari Masalah, Gelisah dan Solusi. Jadi 3 hal ini merupakan
rumus paling dalam menulis copywriting
·
Cara Mengaplikasikan Rumus Copywriting MGS
Menerapkan
formula copywriting MGS sangat mudah. Anda cukup mengidentifikasi masalah yang
dihadapi oleh calon pembaca copywriting Anda. Jika Anda menjual produk yang
perlu diidentifikasi adalah apa masalahnya dari calon pembeli Anda.
Setelah
Anda mendapatkan jawaban atas masalah yang dihadapi oleh calon pembeli,
selanjutnya adalah mengidentifikasi setiap kecemasan yang muncul dari masalah
tersebut. Setelah itu, Anda menawarkan solusi terbaik untuk mengatasi hal ini.
Berikan beberapa solusi alternatif dan satu solusi adalah produk yang Anda
jual.
Menerapkan
formula copywriting MGS sangat mudah. Anda cukup mengidentifikasi masalah yang
dihadapi oleh calon pembaca copywriting Anda. Jika Anda menjual produk yang
perlu diidentifikasi adalah apa masalahnya dari calon pembeli Anda.